Kabar Terkini :
Home » » KEMAH UKHUWAH WILAYAH VI

KEMAH UKHUWAH WILAYAH VI

Written By SMAIT ABU BAKAR on 9/21/2012 | 9/21/2012




KEMAH UKHUWAH WILAYAH VI
SATUAN KOMUNITAS PRAMUKA SIT REGIONAL IV
JAWA TENGAH_YOGYAKARTA TAHUN 2012
 
Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi muda memiliki cara dan ciri khas tersendiri dalam kegiatanya. Salah satu diantaranya adalah dengan kegiatan perkemahan. Selain sebagai pembinaan diri, perkemahan dapat menumbuhkan sikap kemandirian pada peserta didik, menjalin persahabatan, empati, persaudaraan, menambah wawasan dan uji keterampilan. Perkemahan yang diadakanpun bermacam-macam sesuai golongan usia perserta didik, dan berjenjang sesuai tingkatanya, mulai dari cabang, daerah, hingga tingkat nasional.
Perkemahan wilayah juga sebagai bukti geliat Gerakan Pramuka setelah lebih dari sewindu tenggelam dalam kegamangan. Generasi muda seolah hilang jati dirinya, kebanggaanya terhadap pramuka mulai berkurang, bahkan banyak dari mereka yang tidak mengenal apa itu pramuka. Padahal wadah itu akan menjadi salah satu pilar penyelamat bagi generasi muda. Mereka lebih bangga kepada kegiatan hura-hura yang tidak mendatangkan manfaat sedikitpun. Pada saat pramuka dipandang sebelah mata, pramuka SIT hadir memberikan warna baru dan menggelorakan semangat bagi gerakan pramuka agar tetap berjaya.
Sejak bergabungnya Pandu Sekolah Islam Terpadu ke dalam gerakan pramuka, pernah mengadakan Perkemahan Tingkat Nasional Pertama tahun 2008 dan perkemahan wilayah sebanyak V kali. Selain sebagai bukti penggabungan pandu menjadi pramuka, juga sebagai sumbangsih Pramuka Sekolah Islam Terpadu bagi bangsa dan negala melalui pembinaan karakter generasi muda. Perkemahan Wilayah adalah wadah silaturahim bagi gerakan pramuka khususnya Pramuka SIT. Ajang itulah yang selalu dinantikan kehadiranya sebagai kegiatan terbesar Sekolah Islam Terpadu Regional IV wilayah Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Berkenaan dengan hal itulah Pramuka Sekolah Islam Terpadu bermaksud melaksanakan Kegiatan Perkemahan Wilayah VI sebagai pelaksanaan amanah Musyawarah Kerja Wilayah Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia juga sebagai konsekuensi atas penggabungan Pandu Sekolah Islam Terpadu ke dalam wadah Gerakan Pramua Indonesia. Akhirnya kita semua berharap semoga Pramuka Sekolah Islam Terpadu tetap kosisten melaksanakan peranya dalam membangun peradaban umat manusia dengan kegiatan-kegiatan yang bernilai positip demi membangun karakter generasi muda agar dapat turut serta memperbaiki kondisi bangsa, juga tetap komitmen menjaga kode kehormatan dan memegang teguh amanah satya dan darma, sesuai dengan motonya “Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan”
*) Sumber : http://pramukasit-kordabanyumas.blogspot.com

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PRAMUKA SMAIT ABU BAKAR JOGJA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger